Survival Kit

Survival kit adalah suatu peralatan survival yang dipergunakan membantu survivor bertahan hidup, umumnya peralatan itu dapat digunakan dalam berbagai jenis daerah seperti gunung, hutan, padang pasir dan laut.

Bagi seorang penjelajah ataupun petualang, survival kit merupakan perlengkapan dasar yang harus dimiliki dan harus sesuai dengan jenis perjalanannya.

Biasakan selalu membawa survival kit dalam setiap perjalanan, karena dengan satu set survival kit sangat berguna untuk keadaan darurat dan bisa menjadi salah satu jalan untuk dapat bertahan hidup.


Beberapa survival kit yang umum serta kegunanannya,
1. Korek Api & Pemantik

Korek api kedap air dapat dicari tetapi dengan harga yang mahal. kita dapat membuatnya dengan memasukan batang korek dan kertas penyalanya ke dalam tabung bekas roll film. Bisa juga pada kepala korek kita teteskan lilin sehingga terselaput seluruh kepala korek tersebut.

2. Lilin
Sangat baik untuk mulai menghidupkan api dan juga untuk penerangan, apabila terbuat dari lemak dapat dimakan atau pun buat minyak menggoreng (harus yakin bahwa terbuat dari lemak), lilin dari bahan lain atau parafin wax tidak dapat dimakan.

3. Batu Api/Geretan
Batu api dapat berkerja dalam keadaan basah dan dapat tahan lama sekali, bawalah batu api sekalian dengan gergaji penggoresnya.

4. Kaca Pembesar/Lup

Dapat menimbulkan panas dan api dengan sinar matahari langsung, juga dapat dipakai untuk melihat dan medeteksi duri dalam jaringan.

5. Jarum dan Benang
Beberapa jarum dimana satu diantaranya mempunyai lubang benang yang besar sehingga dapat memakai urat daging binatang sebagai benang apabila diperlukan, simpanlah jarum-jarum tersebut menjadi satu dan dililt dengan benang yang kuat sekelilingnya.

6. Kail dan Senar
Pilihlah kail yang berbeda ukuran dan diletakkan didalam kotak atau dibungkus,sertakan juga tali pancing secukupnya karena dapat digunakan untuk menjerat.

7. Kompas
Sebuah kompas yang cukup baik tapi sederhana dan pastikan kita dapat memakai kompas dengan baik. Kompas dengan cairan didalamnya adalah yang terbaik, pastikan tidak bocor dan tidak ada gelembung didalamnya.

8. Senter Kecil
Sebuah senter dengan lampu kristal sering dipakai untuk gantungan kunci. Lampu ini dapat dipakai untuk membaca peta, memasang umpan pada waktu memancing dimalam hari.

9. Kawat Jerat
Kawat kuningan sepanjang 60-90 cm dapat dipakai dan sangat banyak kegunaannya seperti untuk jerat, memask dll.

10. Peluit Survival

Sangat efektif menjadi sinyal suara dalam kondisi survival terlebih apabila dilengkapi dengan kompas mini sehingga menambah fungsinya dan menghemat ruang wadah survival kit.

10. Obat-obatan
Obat yang kita bawa adalah yang sering diperlukan didalam perjalanan dan juga obat-batan pribadi tentunya.

11. Pisau
 Sebaiknya 2 bilah pisau dengan ukuran yang berbeda, sehingga dapat dipergunakan dengan kondisi berbeda sesuai ukuran dan kapasitasnya.

12. Plester
plester, dipergunakan untuk menutupi luka sehingga terhindari dari debu dan kotoran yang dapat memperparah keadaan apabila terjadi infeksi.

14.Kondom 
eits......... jangan berpikiran negatif dulu... 
karena terbuat dari bahan yang sangat elastis dan didisain untuk tidak mudah bocor, sehingga sangat membantu sebagai wadah penampung air, kondom itu mampu menampung air kurang lebih 3 liter


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next Prev