Peralatan dan Perlengkapan Arung Jeram

Perlengkapan Pribadi
1. Pelampung
Selain daya apung yang sesuai dengan tubuh kita, kenyamanan saat dipergunakan merupakan syarat pelampung yang dapat kita ergunakan. Komposisi pelampung yang baik adalah yang berisi gabus tebal dan bagian belakang pelampung yang lebih tipis dari bagian depan sehingga jika kita terjatuh di air dan pingsan, akan berada dalam kondisi terlentang. Di samping itu terdapat pelindung kepala bagian belakang yakni kerah pada bagian belakang atas pelampung.


2. Pakaian
Pakaian yang tidak berat saat basah dan memberikan ruang gerak yang leluasa sangat cocok untuk dipergunakan. Usahakan yang berlengan panjang untuk melindingi kulit untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.
3. Alas kaki
Melindungi telapak kaki dari kemungkinan lecet atau terluka. Sepatu kanvas atau parasit yang tidak mengganggu saat kita berenang dapat dipergunakan.
 

4. Helm
Melindungi kepala dari benturan dengan benda keras terutama saat terlempar dari perahu. Pilih yang ringan, tahan pecah, dan tidak mengganggu pandangan mata dan pendengaran serta pas ukurannya.
 


5. Survival Kit
Terdiri dari korek api, pisau lipat, dan perlengkapan survival lainnya. Lebih baik jika kita kemas dalam tas pinggang sehingga mudah kita sandang. Untuk seorang kapten/leader bisa ditambah dengan pulling/katrol, carabiner, peluit, tali prusik, dan anchor artificial.
Peralatan Kelompok
1. Perahu
Secara garis besar dibagi menjadi tiga jenis :
Perahu Karet ( Raft)
Terbentuk dari tabung udara yang terbuat dari karet yang bersekat yang membentuk sel/ruang terpisah yang apabila terkadi bocor pada satu sel; tidak berpengaruh ke sel yang lain. Jenis yang ada seperti :
-    Riverboat yang dibuat khusus untuk mengarungi sungai
-    Cataraft yangh berbentuk seperti potlot
-    LCR (Landing Craft Rubber) yang berbentuk seperti tapal kuda dengan tempat dudukan mesin yang biasa digunakan marinir dalam misi pendaratan.
 
Canoe
Berbentuk lancip, terbuka, dan ukurannya lebih besar dari kayak yang dikendalikan oleh satu atau dua orang dengan kaki melipat ke bawah tempat duduk.
Kayak (Decked Boat)
Berbentuk lancip pada bagian depan dan belakangnya, tertutup digunakan oleh satu orang dengan dayung dua bilah atau dua orang dengan dayung satu bilah.

2. Dayung
Sebagai alat pengayuh terbuat dari bahan yang kuat tetapi ringan dan usahakan berwarna mencolok dan lentur. Bahan yang cukup baik adalah plastik, selain itu dapat juga kayu, fiberglass, serta kombinasi kayu dengan aluminium atau fiberglass. Untuk pengarungan sungai dengan perahu karet terdapat dua jenis dayung yakni :
-    Paddle
-    Oar
 

3. Pompa
Bahan yang bagus terbuat dari plastik karena ringan. Ada pompa injak dan pompa tangan. Pompa ini harus selalu ada dalam setiap pengarungan.

4. Tali
Disamping sebagai penambat perahu dan pembalik perahu (flip line) juga sangat berfungsi sebagai alat penyelamatan. Untuk tali penyelamatan (throwing bag) ini, biasanya terbuat dari carmantel statis yang dikemas dalam sebuah kantong sepanjang tiga puluh sampai empat puluh meter.

5. Ember
Untuk perahu yang belum mempergunakan sitem self-bailing, ember sangat vital untuk membuang air yang masuk ke dalam perahu. Bahan dari plastik atau karet dan berwarna mencolok sangat cocok untuk kegiatan ini.

6. Alat Reparasi
Digunakan untuk penanggulangan kebocoran pada perahu atau pompa. Alat perekat/lem, alat jahit, karet bekas, serta beberapa kunci pas dapat kita pergunakan untuk keperluan reparasi.

7. Dry Pack
Seperti carrier yang terbuat dari bahan anti air dengan kapasitas yang diselesaikan lama perjalanan yang melindungi makanan dan pakaian serta peralatan lain yang tidak boleh basah.

8. Peta
Digunakan terutama pada sungai yang baru pertama kali kita arungi, untuk mengetahui kondisi sungai sehingga kita menyusun rencana manuver dan perjalanan yang aman.

9. Perlengkapan P3K
Disesuaikan dengan jumlah awak, lama pengarungan, dan hal-hal yang mungkin terjadi sepanjang sungai.

10. Perlengkapan Tambahan
Untuk pengarungan yang memakan jangka waktu yang cukup lama dapat ditambahkan peralatan komunikasi, peralatan camping, dan yang sesuai dengan kebutuhan tambahan.




Sumber : DIKTAT Mapala GMS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next Prev